Selasa, 23 November 2010

Analisis Tingkat Kepuasan

BAB II
METODOLOGI

2.I Objek Penelitian


Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah Pelanggan warung sate Madura H.Abbas cabang Wisma Tani , yang makan di tempat.Objek yang menjadi sampel adalah 50 orang pelanggan yang sedang atau pernah makan di warung sate Madura H.abbas cabang wisma tani.

2.2 Variabel atau Data yang digunakan

Data atau Variabel yang digunakan adalah berupa data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang sudah makan ditempat tersebut yang terdapat 15 pertanyaan.
Kuesioner tersebut dibagi menjadi 4 dimensi yaitu :
-Dimensi Reliability
-Dimensi Renponsive
-Dimensi Assurance
-Dimensi Emphaty

Metode pengambilan data yaitu dengan :

1. Study Lapangan
-Wawancara yaitu penulis menayakan secara langsung kepada pelelanggan yang bersangkutan mengenai masalah-masalah terkait.
-Observasi yaitu penulis lansung terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian.
-Kuesioner yaitu penulis menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Dimensi Reliability,Renponsive,Assurance dan Emphaty.

2.Study pustaka
Yaitu penulis melakukan kajian-kajian terhadap penulisan yang berhubungan dengan masalah yang berhubungan yaitu :

1. Tema : Tingkat kepuasan konsumen
Pengarang : Herix Juni Al’ubaini
Tahun : 2009
Judul : “ Tingkat kepuasan pelanggan (konsumen) terhadap pelayanan rumah makan ayam bakar wong solo “
KESIMPULAN: kuesioner yang di ambil dari 75 responden dn pengujian kelima dimensi tersebut adalah untuk skala likert diperoleh hasil nilai indeks kinerja (NIK) rata-rata sebesar 109,75% sedangkan untuk menggunakan chi square diperoleh nilai chi square X2 hitung= 769,656 lebih besar dari chi square X2 tabel = 23,5418 dengan demikian terima Ha tolah Ho . ini berarti palanggan merasa puas dengan pelayanan yang di berikan.

2 . Tema/Topik : Analisa tingkat kepuasan konsumen
Pengarang : Ismail
Tahun : 2008
Judul : ” Analisa tingkat kepuasan konsumen Terhadap Pelayanan Warung Soto Cak Irfan Cabang Modernland”

KESIMPULAN : Berdasarkan hasil dari penyebaran kuiesioner yang berisi 12 pertanyaan terhadap pelayanan warung soto lamongan cak irfan rata-rata pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang telah di berikan. hal ini di buktikan dengan hasil chi square
χ2 hit= 27,930937 > dari χ2 tabel = 23,5418 maka Ho ditolak dan Ha diterima

3. Tema : analisis tingkat kepuasan
Pengarang : Rina Dwiwinarsih,Universitas Gunadarma

KESIMPULAN : Karena nilai χ² table 0,05 ; 16 = 26,296 lebih kecil dari nilai χ² hitung = 326.628 berarti hipotesis alternative (Ha) dapat diterima yang menyatakan bahwa konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Bakmi Aisy di Depok.


2.3 Model Penelitian

Alat analisis yang digunakan yaitu chi square
Chi Square adalah Uji chi square ( χ2 ) adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi/actual ( Fo ) dengan frekuensi harapan/ekspektasi (Fe ) yang didasarkan atas hipotesis tertentu.

Rumus Chi Square


Microsoft Word - jurnal NA

X2hit : ( Fo-Fe )2

Fe



Keterangan :

X2 : Chi Square Hitung

Fo :Frekuensi Observasi

Fe :Frekunsi Harapan





Hipotesis
Ho : konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan warung sate Madura H.abbas Cabang Wisma Tani

Ha : konsumen merasa puas terhadap pelayanan warung sate Madura H.abbas Cabang Wisma Tani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar