Jumat, 15 Oktober 2010

” Analisa tingkat kepuasan konsumen Terhadap Pelayanan Warung Soto Cak Irfan Cabang Modernland”

REVIEW JURNAL

Tema/Topik : Analisa tingkat kepuasan konsumen
Pengarang : Ismail
Tahun : 2008
Judul : ” Analisa tingkat kepuasan konsumen Terhadap Pelayanan Warung Soto Cak Irfan Cabang Modernland”

Latar belakang dan masalah

Banyak kita lihat dan kita rasakan berbagai jenis makanan yang dijual dan ditawarkan kepada masyarat,mulai dari makanan kecil,makanan cepat saji,sehingga pengganti dirumah. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya masyarakat kini membutuhkannya,alasannya mengapa masyarakat lebih memilih untuk membeli makanan tersebut dikarenakan selain beraneka ragam jenis/menu makanan yang dapat dipilih,juga karena cepatnya penyajian yang disajikan oleh para penjual.
Dengan semakin banyaknya masyarakat yang beralih untuk membeli makanan cepat saji seperti itu maka akan timbul persaingan diantara para penjual makanan yang memiliki usaha yang sama,oleh sebab itu diperlukan strategi yang tepat bagi para penjual untuk menarik konsumen . strategi yang diterapkan adalah dalam hal pelayanan yang baik , pelayanan yang baik dapat membuat konsumen datang kembali ke tempat tersebut.

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan warung soto lamongan cak irfan dengan uji chi square.

Metode penulisan

Data
Penelitian ini menggunakan data primer, yang langsung didapatkan dari para konsumen dengan melakukan penyebaran kuisioner.
Variabel
Lokasi,fasilitas,menu,pelayanan,dan ketanggapan karyawan.
Metode pengumpulan data
Dengan cara observasi,wawancara,survey,study pustaka
Alat analisis yang digunakan
Yaitu uji chi square

Uji chi square ( χ2 ) adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi/actual ( Fo ) dengan frekuensi harapan/ekspektasi (Fe ) yang didasarkan atas hipotesis tertentu.Uji chi square secara umum, digunakan dalam penelitian untuk mencari kecocokan ataupun menguji ketidakadaan hubungan antara beberapa populasi.
Kriteria untuk uji chi square adalah statistic chi square yaitu :


χ2 hit = Σ ( Fo – Fe )2
Fe

Hasil dan kesimpulan
Berdasarkan hasil dari penyebaran kuiesioner yang berisi 12 pertanyaan terhadap pelayanan warung soto lamongan cak irfan rata-rata pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang telah di berikan. hal ini di buktikan dengan hasil chi square
χ2 hit= 27,930937 > dari χ2 tabel = 23,5418 maka Ho ditolak dan Ha diterima

Saran dan usulan lanjutan
Dalam menyusun penelitian ini penulis selanjutnya diharapkan membahas masalah tersebut lebih mendetil lagi,dengan menambah variable-variabel penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar