Sabtu, 02 Oktober 2010

ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR

TEMA : PENJUALAN
PENULIS : Hotniar Siringoringo, Tahun 2002
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

REVIEW JURNAL
ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR

Latar belakang dan Masalah

Bidang penelitian pemasaran cukup luas salah satunya adalah penelitian penjualan dan pasar. Penelitian penjualan dan pasar sebagian menggunakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer . Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen adalah dengan daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan yang dibentuk harus diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas daftar pertanyaan berhubungan dengan hasil atau hal yang harus ditanyakan, dengan demikian item-item yang akan ditanyakan harus diperhatikan. Reliabilitas berhubungan dengan konsistensi jawaban yang diperoleh korespondensi. Validitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan sistematis dan acak yang besar,sedangkan reliabilitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan acak yang besar. Penyebab utama kesalahan penelitian penjualan dan pasar adalah kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar lebih besar dibandingkan kesalahan yang disebabkan oleh sampling.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari daftar pertanyaan yang di ajukan kepada konsumen.

Metodologi

Data yang digunakan dalam pengukuran potensi pasar dikategorikan sebagai data sekunder. Penelitian pangsa pasar mebutuhkan data penjualan untuk suatu produk. Pansa pasar periode yang lalu dapat di ukur memanfaatkan data historis penjualan perusahaan dan total penjualan industry dari departemen perindustrian dan perdagangan. Perindustrian pangsa pasar mendatang merupakan hasil prediksi. Daftar pertanyaan dapat digunakan sebagai tekhnik pengumpulan data untuk memprediksi penjuaqlan perusahaan dengan menguji kesetiaan konsumen dan potensi pertumbuhan konsumen baru. Penentuan karakteristik pasar dapat dilakukan menggunakan tekhnik survey dan pengamatan.
Ada lima sumber umum kesalahan pada penelitian penjualan dan pasar, yaitu :
1. Karakteristik jangka pendek responden
2. Factor situasional
3. Factor analisa data
4. Alat pengukur
5. Factor pengunpulan data yaitu variasi dalam pembentukan daftar pertanyaan dan pengaruh dari metode wawancara.


Hasil dan Kesimpulan

Secara matematis hubungan antara kesalahan sistematik dan acak terhadap ukuran yang teramati ditunjukan dengan 1 persamaan dibawah . Simbol Om menunjukkan ukuran yang teramati , Ts adalah ukuran yang sebenarnya , Se merupakan kesalahan sistematik , dan Re adalah kesalahan acak.
Om = Ts + Se + Re
Pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar berbeda dengan penelitian eksakta. Pengukuran reliabilitasn dapat dilakukan dengan menjalankan pengukuran. Ada beberapa masalah yang muncul dalam pengukuran reliabilitas :
1. Tidak memungkinkan melakukan pada pengulangan yang kedua.
2. Responden subjek dapat berubah pada pengukuran yang kedua.
3. Factor situasional mungkin berubah yang menyebabkan pengukuran kedua berubah .
Ada dua cara mengatasinya yaitu :
1. Membuat berkas alternative
2. Split-halp


Saran
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih detail dan mendalam dalam melakukan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar