Kamis, 05 November 2009

KREDIT USAHA KECIL MELALUI KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT


YAYASAN BINA SWADAYA MASYARAKAT

Badan koordinasi koperasi kredit daerah atau BK3D,lembaga penelitian pendidikan dan penerangan social ekonomi atau LP3ES ,yayasan pembangunan dan pengembangan social ekonomi atau YPPSE,yayasan Indonesia sejahtera atau YI,,

Di Negara kita,pembinaan terhadap KSM-KSM selain dilaksanakan oleh LPSM tang biasa disebut NGO atau lembaga non pemerintah,juga oleh instansi-instansi lain misalnya departemen pertanian membina kelompok tani,deparetemen perindustrian membina kelompok industry kecil.

LEMBAGA PENGEMBANGAN SWADAYA MASYARAKAT

Berkembangnya kelompok-kelompok swadaya masyarakat ini tak lepas dari berkembangnya lembaga-lembaga social yang membina dan mengembangkan kegiatan social dan ekonomi dikalangan masyarakat.lembaga seperti itu sering disebut lembaga swadaya masyarakat.

PHBK

Pengembangan kredit kepada kelompok-kelompok swadaya masyarakat ini dibicarakan dalam forum APRACA atau asusiasi kredit perdesaan dan pertanian asia pasifik tahun 1986 kemudian dilakukan penelitian dan persiapan.BI melaksanakan identifikasi terhadap KSM -KSM yang ada . KSM yang dapat dibina oleh PPHBK adalah KSM yang mempunyai kelas A dan B , sedangkan yang belum termasuk kelas B di serahkan kepada LPSM untuk dibiana.Kelas A adalah KSM yang sudah layak dihubungkan dengan bank.

Pemberian kredit dari bank kepada KSM dilakukan pertama kali di Yogyakarta setelah melalui beberapa kemajuan,maka pphbk ditingkatkan .

MODEL PHBK

Dalam pelaksanaan PHBK terdapat 3 model hubungan antara bank dengan KSM .

1. Bank langsung memberikan kredit atau menerima tabungan dari KSM.sedangkan LPSM memberikan pembinaan.

2. Bank lansung berhubungan dengan Lpsm dalam arti memberi kredit dan menerima tabungan dari LPSM.

3. Bank langsung memberi kredit kepada KSM sekaligus menerima tabungan dari KSM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar