Senin, 12 Oktober 2009

PENTINGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KOPERASI


Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk social yang perlu bersosialisasi denagan lingkungan sekitar.manusia sejak lahir mempunyai kehendak untuk berhubungan dengan manusia di lingkungannya.
Untuk memenuhi kebutuhannya manusia saling membantu dan saling menolong.hal ini menunjukan bahwa manusia senang bergaul,berkumpul,dan bermasyarakat,tetapi untuk masalah koperasi yang satu ini agak sulit masyarakat meresponnya.hanya sebagian kecil masyarakat yang mengetahui apa itu koperasi ? apa fungsinya ?
Karena ketidak tauannya itulah yang membuat mereka acuh tak acuh terhadap koperasi di sekitarnya.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MASYARAKAT

a ) FAKTOR EKONOMI
factor ekonomi adalah hal yang paling mendasar untuk masyarakat,hal ini begitu kompleks dan agak nsulit untuk di atasi.seperti:kemiskinan,pengangguran,& kejahatan.
b ) FAKTOR PSIKOLOGIS
adalah factor kejiwaan yang mempengaruhi masyarakat.
c ) FAKTOR KEBUDAYAAN
adalah factor yang juga memiliki pengaruh masyarakat dalam kesehariannya.
Disadari sejak lama, bahwa Indonesia memiliki sejarah dan produk dengan kreatifitas tinggi dan luar biasa yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia. Sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan pemahaman dan pendidikan kewirausahaan yang memadai sehingga terdapat kesenjangan yang sangat parah bagi keberlangsungan terciptanya kesejahteraan bagi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar