Jumat, 07 Januari 2011

STRATEGI PEMASARAN


Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merancang strategi pemasaran :

Sasaran Pasar:
Siapa target yang dihadapi? Apakah untuk golongan menegah ke atas / bawah atau memang untuk semua golongan Hal ini harus dicermati dengan baik karena sangat mempengaruhi kegiatan marketing. Untuk target pasar, memang kedua produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut terlihat membidik masyarakat golongan menengah ke bawah . Namun yang satu ruang lingkup pelanggan yang ditargetkan terbatas pada suatu daerah tertentu yaitu hanya bagi penduduk yang berdomisili di beberapa kelurahan pada salah satu kotamadya.

Lini Produk:
Kebijaksanaan mengenai produk atau jasa meliputi jumlah barang/jasa yang akan ditawarkan perusahaan, pelayanan khusus yang ditawarkan perusahaan dan bentuk barang / jasa yang ditawarkan. Produk merupakan elemen yang paling penting sebab dengan inilah perusahaan berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Menurut saya, dari segi pelayanan yang diberikan dari kedua perusahaan asuransi ini sama tidak rumit dan tidak banyak persyaratan.

Harga:
Setiap perusahaan selalu mengejar keuntungan guna kesinambungan produksi. Keuntungan yang diperoleh ditentukan pada penetapan harga yang ditawarkan. Harga suatu produk atau jasa ditentukan pula dari besarnya pengorbanan yang dilakukan untuk menghasilkan jasa tersebut dan laba. Dalam hal ini, premi yang ditawarkan nilainya sama namun manfaat yang diperoleh joleh pelanggan jauh lebih besar dari produk asuransi yang diberikan oleh perusahaan kami.

Saluran Distribusi:
Setelah perusahaan berhasil menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan menetapkan harga yang layak maka tapi berikutnya menentukan metode penyampaian produk atau jasa ke pasar hingga tiba pada tempat yang tepat dengan harapan produk / jasa tersebut berada ditengah-tengah kebutuhan dan keinginan konsumen yang haus akan produk/jasa tersebut. Sang Kompetitor sudah melakukan distribusi dengan baik terbukti dari jasa yang ditawarkan mudah didapat di salah satu gerai mini market yang sudah menjamur di lingkungan masyarakat menengah ke bawah.

Promosi:
Aspek ini berhubungan dengan berbagai usaha untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan saatnya. Penyebaran informasi ini dapat dilakukan dengan periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas. Dengan mudah saya mengetahui produk sang kompetitor melalui berbagai media promosi yang digunakan untuk memasarkan produknya. Tidak hanya melalui pulisitas tapi lengkap sekali ada yang melalui iklan radio, TV, banner dan publisitas di koran atau majalah sehingga produk tersebut menjadi cukup terkenal.

Jadi yang harus diperhatikan adalah tercapainya keseimbangan yang efektif dengan mengkombinasi komponen-komponen tersebut dalam suatu strategi pemasaran sebelum menjalankan ataupun memasarkan produk ataupun jasa tertentu.

Perusahaan yang berjaya dan mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjualannya ditengah-tengah pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat.Dengan demikian perusahaan dapat tetap maju dan berkembang ditengah-tengah persaingannya.

Sumber : www.managementfile.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar