Jumat, 22 Oktober 2010

“ Tingkat kepuasan pelanggan (konsumen) terhadap pelayanan rumah makan ayam bakar wong solo “

REVIEW JURNAL

Tema : Tingkat kepuasan konsumen

Pengarang : Herix Juni Al’ubaini

Tahun : 2009

Judul :

“ Tingkat kepuasan pelanggan (konsumen) terhadap pelayanan rumah makan ayam bakar wong solo “

Latar belakang masalah

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan penelitian atau analisis mengenai kepuasan pelanggan .

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak terhadap pelayanan yang diberikan rumah makan ayam bakar wong solo

Metodologi penelitian

objek penelitian : Rumah makan Ayam bakar wong Solo

objek Sampel : 75 pelanggan dengan menggunakan sampel acak

Data :berupa data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen rumah makan ayam bakar wong solo.

variable yang digunakan dibagi menjadi lima dimensi yaitu : kehandalan,ketanggapan,jaminan,empati,dan berwujud.

Tehnik pengambilan sampel : penarikan sampel seacra acak sederhana ( simple random sampling)

Metode pengumpulan data dengan wawancara,observasi,dan kuesioner

kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan yang dibagikan ke 75 pelanggan dengan frekuensi kedatangan

=jumlah rata-rata baris

jumlah rata-rata kolom

Alat analisis yang digunakan yaitu

1 skala likert

adapun rumus yang digunakan

NIK = (NILAI BOBOT)X2

Kategori penilaian

NIK : nilai indeks kerja

nilai bobot : (jawaban kuiesioner x bobot masing-masing )

Kategori penilaian : dalam penelitian ini terdapat lima kategori

2. uji chi square

adalah pengujian hipotesis tentang perbandingan antara frekuensi sample yang benar-benar terjadi disebut frekuensi observasi (Fo) dengan frekuensi harapan (Fe)

X2 = S (Fo-Fe)2

Fe

X2: chi square hitung
a : 10% :0,1
untuk mencari fe menggunakan rumus fe = pr x pc x n
dimana pr = proposisi kolom
n = jumlah data
fo = frekuensi observasi
fe = frekuensi harapan


Hasil dan kesimpulan

kuesioner yang di ambil dari 75 responden dn pengujian kelima dimensi tersebut adalah untuk skala likert diperoleh hasil nilai indeks kinerja (NIK) rata-rata sebesar 109,75% sedangkan untuk menggunakan chi square diperoleh nilai chi square X2 hitung= 769,656 lebih besar dari chi square X2 tabel = 23,5418 dengan demikian terima Ha tolah Ho . ini berarti palanggan merasa puas dengan pelayanan yang di berikan.

Usulan dan saran lanjutan

Dalam menyusun makalah ini penulis mengalami keterbatasan dalam melakukan penelitian waktu dan data . penulis hanya melakukan analisis data pada bulan mei sehingga datanya belum mencerminkan dalam satu tahun . penulis berharap dalam masa yang akan datang ada penulis yang membahas tema lebih dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar