Sabtu, 02 Oktober 2010

Pengukuran Tingkat Kepuasan Tertanggung Pt.Asuransi Jasa Indonesia

Tema : Asuransi

Penulis : Hotniar Siringiringi(1) dan Donna Ekawati(2)

(1)Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

(2)Fakultas Tekhnik Industri Universitas Gunadarma

REVIEW JURNAL

Pengukuran Tingkat Kepuasan Tertanggung Pt.Asuransi Jasa Indonesia

Latar Belakang Masalah

Konsumen adalah bagian yang terpenting dari suatu industri jasa. Kepuasan konsumen akan produk yang ditawarkan indrustri jasa merupakan perhatian yang utama dari setiap manajemen industri jasa. Menjaga loyalitas konsumen adalah hal yang paling kompleks karena konsumen yang puas akan loyal kepada perusahaan. Banyak factor yang harus dievaluasi berhubungan dengan kepuasan konsumen, beberapa diantaranya berhunbungan dengan premi yang harus dibayar nasabah, birokrasi pelayanan khususnya saat nasabah melakukan klaim baik jumlah maupun waktunya,dan resiko yang harus ditanggung sendiri oleh nasabah. Pembentukan pernyataan dilakukan menggunakan prinsip linkert. Skala linkert digunakan untuk mengukur sikap,pendapat dan presepsi seseorang atau kelompok tentang fenomena social yang telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti sebagai variable penelitian.

Tujuan Penulisan

Untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah pada Pt.Krakatau Stell sebagai tertanggung dari Pt.Asuransi Jasa Indonesia ( JASINDO ).

Metodologi

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah . Data dikumpulkan menggunakan kuisioner . Variabel penelitian terdiri dari premi,klaim,pelayanan,dan resiko sendiri.Pembentukan pernyataan dilakukan menggunakan prinsip linkert dan penelitian hanya dibatasi untuk Asuransi Kebakaran disalah satu cabang Asuransi Jasa Indonesia tahun 1997-2002.Kuisioner tersebut disebarkan kepada karyawan dan karyawati Pt.Krakatau Steel sebagai pihak tertanggung Pt.Asuransi Jasa Indonesia.jumlah pertanyaan ada 40 butir mengenai pelayanan,klai,premi dan resiko sendiri dengan 5 macam pilihan jawaban sangat setuju,setuju,tidak ada jawaban,sangat tidak setuju dan tidak setuju.Pengolahan data diawali dengan penyuntingan dan pengkodean.penyusunan dan perhitungan yang diperoleh dari hasil pengkodean disajikan dalam bentuk table,diagram dan grafik.

Hasil dan kesimpulan

Evaluasi secara keseluruhan terhadap variable pelayanan , premi, klaim dan resiko sendiri menunjukan bahwa pihak tertanggung punya sikap setuju, artinya secara keseluruhan tertanggung menunjukan sikap puas atas asuransi yang mereka sepakati dengan pihak perusahaan, pernyataan yang berhubungan dengan koresponden pembayaran premi hasilnya positif karena mereka diberikan kemudahan dalam membayar dengan cara anggsuran,sedangkan untuk pelayanan yang mereka berikan pun juga sangat baik dan ramah.

Untuk klaim dari pihak tertanggung mereka memberikan penggantian atas klaim sesui dengan janji yang ditawarkan.sedangkan untuk resiko sendiri mereka memberikan penetapan nilai untuk pembayaran ganti rugi.

Saran

Penelitian ini masih terbatas dalam mengkaji masalah kepuasan tertanggung dalam pelayanan,pembayaran premi,penggantian klaim,dan resiko sendiri yang harus dibayarkan. Penelitian selanjutnya diharapkan memperluas lagi konsep lainnya dan lebih dalam lagi melihat hubungan tingkat kepuasan nasabah dengan masing-masing indikatornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar